DAERAHKU BANYUWANGI









Banyuwangi adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur tepatnya di ujung timur pulau jawa. Merujuk data sejarah yang ada, sepanjang sejarah Blambangan kiranya tanggal 18 Desember 1771 merupakan peristiwa sejarah yang paling tua yang patut diangkat sebagai hari jadi Banyuwangi.

Banyuwangi dulunya adalah bagian dari Kerajaan Blambangan yang pada saat itu juga mengalami penjajahan oleh VOC. Banyuwangi dijuluki dengan Kota The Sunrise Of Java .Hal yang menarik dari banyuwangi selain tempat wisatanya yang begitu indah yaitu budaya dan sukunya.

Banyuwangi mempunyai banyak Festival di setiap tahunnya yang disebut BANYUWANGI FESTIVAL. Ditahun 2018 ini Banyawangi memiliki 77 Festival, antara lainnya yaitu

1. GANDRUNG SEWU



Gandrung Sewu adalah salah satu event of Banyuwangi Festival. Gandrung Sewu juga merupakan simbol dari kota Banyuwangi yang sering disebut sebagai Kota Gandrung. Gandrung Sewu salah satu tarian tradisional Indonesia yang berasal dari Banyuwangi.
tarian ini berkisah tentang terpesonanya masyarakan Blambangan kepada Dewi padi, Dewi Sri yang membawa kesejahteraan bagi rakyat.

Tarian ini di bawakan sebagai ucapan syukur masyarakan pasca panen dan dibawakan dengan iringan instrumen tradisional khas Jawa dan Bali. Tarian ini di bawakan oleh sepasang penari, yaitu penari perempuan sebagai penari utama atau penari gandrung, dan laki-laki yang biasa langsung di ajak menari, biasa disebut sebagai paju.

Tanggal 20 Oktober 2018 Gandrung Sewu 2018 digelar di Pantai Boom Banyuwangi. Acara ini menjadi trending topic nasional karena Gandrung Sewu ini tiap tahunnya selalu mempersembahkan seseuatu yang spektakuler hingga membuat masyarakat Banyuwangi khususnya bangga pada kotanya ini.
Cuplikan Video Gandrung Sewu di acara Banyuwangi Festival 2018

 
2. BEC (BANYUWANGI ETCHNO CARNIVAL) 



BEC adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar dalam rangkaian Banyuwangi Festival di Kabupaten Banyuwangi.

Event ini bertujuan mampu menjembatani modernisasi seni budaya lokal yang selama ini tumbuh kembang dalam kehidupan masyarakat Banyuwangi menjadi sebuah event dalam bentuk parade berskala Internasional tanpa harus mengubah nilai-nilai yang sudah berkembang dan tumbuh di dalam masyarakat baik spirit maupun filosofinya
BEC di setiap tahunnya mempunyai tema yang berbeda. BEC ini sudah dikenal hingga ke Internasional.

3. Petik Laut 

 

Sebagai negara Maritim, Indonesia memiliki banyak sekali tradisi lokal yang menarik. Salah satu yang paling unik adalah Petik Laut Muncar di Banyuwangi.

Tradisi ini digelar sebagai rasa syukur atas limpahan hasil laut para nelayan selama setahun. Laut Muncar menjadi lokasi di mana festival laut ini digelar setiap 15 Muharram/Suro penanggalan Jawa.

Tradisi Petik Laut Muncar pun selalu diakhiri dengan doa bersama. Para sepepuh dan petinggi desa setempat menjadi sosok yang memimpin acara selametan tersebut di Makam Sayid Yusuf, sosok yang pertama kali membuka Tanjung Sembulungan.

Tradisi Petik Laut Muncar ini memang sekedar ritual adat setempat. Namun, keunikan dari festival laut ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, nggak cuma dalam negeri tetapi juga mancanegara.

4. Festival Kuwung 
 

 




Pawai tahunan, yang menjadi etalase yang memamerkan keaslian Banyuwangi, baik kekayaan budaya, adat, maupaun potensi unggulan yang ditampilkan oleh perwakilan 24 kecamatan se Kabupaten Banyuwangi. 

5. Banyuwangi Batik Festival (BBF)



Pagelaran BBF diawali penampilan busana ikon hasil desain para pelaku IKM
Banyuwangi yang dilanjutkan fashion show para finalis fashion on the pedestrian yang digelar sehari sebelumnya. Salah satu desiner daerah Anita Yuni juga secara khusus menampilkan koleksinya yang bertema Imaginary Angels Sritanjung Soul.

Pagelaran BBF 2015 juga menampilkan koleksi desain busana para desainer batik nasional. Tidak hanya untuk memberikan inspirasi bagi desainer lokal, di tangan mereka busana batik Banyuwangi disuguhkan dengan desain yang elegan dan berkelas.

TEMPAT WISATA DI KOTA BANYUWANGI

Banyuwangi mempunyai tempat wisata yang begitu indah dan banyak sekali tempat wisata di Kota ini, antara lain yaitu

1. Pulau Merah

Pulau Merah adalah salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran.Sebelum bernama pantai pulau merah, pantai ini bernama pantai ringin pitu. Ada dua alasan mengapa pantai ini dikenal sebagai Pantai Merah, yang pertama karena warna tanah yang kemerah merahan. Pulau Merah ini adalah pantai yang indah apalagi di pagi hari atau biasa kita sebut sunrise dan di sore yang kita sebut dengan sunset.


2. GreenBay

Greenbay atau dikenal dengan teluk hijau adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Sarongan. Pantai atau juga disebut dengan teluk, teluk ini memiliki keindahan yang luar biasa. Warna pantai atau teluk ini berwarna hijau sehingga disebut dengan Teluk Hijau. Walaupun perjalanan menuju Teluk Hijau ini sangat sulit karena jalannya banyak yang rusak dan tempat parkiran sepeda ke teluk hijau harus dilakukakan dengan berjalan kaki. Tapi sesampai di tempat perjalanan kalian yang sangat melelahkan akan terbayar dengan keindahan Teluk Hijau yang sangat indah.

3. Kawah Ijen 

Kawah Ijen adalah salah satu gunung berapi yang aktif yang terletak di Kabupaten Banyuwangi. Kawah Ijen ini sudah menjadi tempat wisata yang dikenal hingga ke Internasional, sudah banyak tourist-tourist luar negeri yang berliburan di tempat ini. Kawah Ijen memiliki ketinggian 2.44 meter diatas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 hektar.

Kawah Ijen ini mempunyai fenomena yang  hanya ada di kawah ijen Banyuwangi ini dan di Islandia. Tempat ini mempunyai fenomena yaitu adanya BLUE FIRE atau dikenal dengan API BIRU. Fenomena ini dapat dilihat sekitar pukul 02.00 sampai 04.00, BLUE FIRE ini menjadi keunikan tersendiri dari tempat ini. Selain itu Pemandangan di tempat ini sangat indah, kita bisa melihat tempat tempat yang rendah dari atas kawah ini. Apalagi saat malam hari kawah ijen benar benar sangat indah.
           
Sebenarnya masih banyak tempat wisata yang sangat indah yang ada di banyuwangi, Jadi kalau kalian tertarik dengan Kota Banyuwangi terutama dengan budayanya ataupun tempat wisatanya segera ke Banyuwangi karena Banyuwangi sangat indah. Banyuwangi juga menjadi Destinasi Wisata Terbaik lohh..... hehe......

           

Komentar